Sabtu, 16 Maret 2013

Jika aku merasakan kurikulum 2013


Di tahun 2013 ini, sistem kurikulum di Indonesia akan sedikit berbeda. Dimulai dengan tahun 2013 ini, kementerian pendidikan dan kebudayaan akan menerapkan sistem kurikulum baru yaitu “kurikulum 2013”. Rencananya, Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan sedang gencar mensosialisasikan tentang program diadakannya kurikulum 2013 ini. sistem kurikulum tahun ini lebih menitik beratkan kepada minat para siswa. Dan pada tahun ini, siswa-siswa SD yang lulus pada tahun 2015, sudah dapat merasakan kurikulum 2013 dengan sistem “ujian kompetensi dasar”.
Sedangkan, untuk siswa siswi SMA, rencananya, mereka tidak memilih jurusan kepada IPA maupun IPS. Tetapi, siswa akan memilih pelajaran mana yang lebih mereka minati. Dan hal inilah yang membuat siswa lebih fokus terhadap cita-cita dan masa depan mereka. Pasalnya, kurikulum yang seperti ini sangat lebih efektif daripada dibandingkan dengan kurikulum-kurikulum di tahun-tahun sebelumnya. Kurikulum ini dapat dirasakan dimulai dari kelas 1 atau kelas 10 SMA.
Kurikulum 2013 ini, dibuat agar para siswa lebih kreatif lagi dalam segala bidang. Dan mereka lebih memfokuskan kepada bakat mereka, bukan kepada kekurangan mereka.
Dan, apabila saya dapat merasakan kurikulum 2013....
Saya akan sangat bersyukur sekali. Karena, saya tidak akan terbebani dengan banyaknya mata pelajaran yang ada disekolah. Saya akan mereasa senang. Karena, guru tidak perlu repot-repot untuk memberikan banyak tugas kepada saya. Rencanya, di dalam kurikulum 2013 ini, siswa tidak diperbolehkan mendapat pekerjaan rumah atau PR.
Hal inilah yang membuat saya tidak usah terlalu pusing memikirkan pekerjaan rumah atau PR yang menumpuk. Dan, saya juga akan memilih pelajaran-pelajaran yang saya minati saja. Maksudnya, saya akan lebih memfokuskan kepada mata pelajaran yang akan menjadi titik fokus dari keinginan dan cita-cita saya. Saya akan memilih mata pelajaran yang menjadi kemampuan saya bukan dari kekurangan saya.
Contohnya, Insya allah saya akan menjadi seorang “AHLI GIZI” amin. Maka, saya pun akan memilih mata pelajaran kimia, fisika, matematika, biologi, dan berbagai jenis mata pelajaran lain yang saya minati dan yang bersangkut paut dengan cita-cita saya. Dirumah pun, saya akan belajar sesuai dangan kebutuhan saya. Artinya, saya tidak akan belajar terlalu berlebihan. Karena, saya sudah mendapat pelajaran yang sudah cukup padat disekolah pun sudah cukup. Dan tentunya, saya pun akan sedikit lebih santai dalam belajar. Dan tidak memiliki begitu banyak beban pikiran yang banyak mengenai pelajaran.
Karena, sekolah saya sudah menganut sistem full day. Yang artinya saya belajar seharian dari pagi hingga sore hari. Dan betapa beruntungnya bukan? Jika saya dapat merasakan kurikulum 2013 ini. Karena saya dan teman-teman saya juga merasakan keirian karena sejujurnya, sebenarnya kami tidak dapat merasakan kurikulum tersebut. Karena, pada dasarnya, kurikulum tersebut akan mulai diadakan untuk tingkatan kelas 1 tahun dibawah kami.
Walaupun begitu, saya tetap setuju dengan diadakannya kurikulum 2013 ini. Karena kurikulum ini dapat memberikan energi positif kepada seluruh anak Indonesia, agar lebih giat dalam mampu mengembangkan kreatifitas mereka, kecerdasan mereka, dan berbagai macam bakat yang telah ada di dalam diri mereka masing-masing. Namun belum dapat mereka kembangkan. Dan saya sangat yakin, program kurikulum 2013 ini dapat berjalan sangat efektif sesuai dengan keinginan dan cita-cita kita semua. Amin.
Keinginan dan bakat seseorang itu berasal dari dalam jiwa seseorang. Dan tidak ada yang dapat merubahnya J

Tidak ada komentar:

Posting Komentar