Rabu, 16 Januari 2013

MY TEACHER MY INSPIRATIONS


       Saya ingin bercerita tentang guru saya. Sosok guru yang sampai saat ini tidak bisa saya lupakan. Beliau merupakan guru inspirasi saya. Cerita-cerita beliau, mampu membuat anak-anak beliau mengagumi sosok beliau. Beliau adalah salah satu guru kebanggaan saya. Bu “Afriyani” namanya. Saya dan teman-teman saya biasa memanggilnya Bu Afri. Beliau merupakan guru PKN sekaligus guru BK (Bimbingan Konseling) di sekolah saya di SMP. Beliau pun, sering memberikan kata-kata motivasinya kepada murid-muridnya. Entah kenapa, 3 tahun saya diajarkan oleh beliau pun belum dirasa cukup. Beliau merupakan guru sekaligus malaikat saya di sekolah. Beliau tidak pernah mengeluh dalam mendidik kami semua. Beliau tidak pernah sekalipun membentak kami saat mengajar. Terkadang, disaat kami sedang membutuhkan beliau, beliau pun dengan setia mendengarkan curahan hati kami. Padahal kami pun tau, kalau sebenarnya beliau sedang sibuk. Tapi, beliau pun tidak peduli dan lebih memilih untuk tetap mendengarkan curahan hati kami. Baru beliau akan melanjutkan pekerjaannya. Saat dikelas, beliau pun mengajarkan kami dengan metode yang menyenangkan dan mengasyikan. Yang membuat kami menyukai pelajaran beliau. Saya ingin sedikit menceritakan pengalaman saya dengan beliau. Waktu itu ceritanya, saya sedang beristirahat dengan teman-teman saya. Saat itu, saya sedang menyukai / mengagumi teman satu angkatan saya. Tiba-tiba Bu Afri lewat di depan saya dan teman-teman saya. Tanpa segan, saya dan teman-temman saya berteriak kegirangan “Bu Afri, Bu sini Bu saya mau curhat”. Wow, melihat sosok beliau yang lewat didepan kami bagaikan melihat malaikat penolong. Lalu, beliau pun menghampiri kami dengan senyuman khasnya. Yang seakan-akan beliau tau kalau kami akan membicarakan tentang lawan jenis kami yang sedang kami taksir. Akhirnya, saya yang pertama bercerita kepada beliau. Spontan, teman-teman saya yang lain pun ikut serius mendengarkan saya yang sedang bercerita. Namun, disaat orang yang sedang saya taksir lewat, beliau hanya meledeki saya. Sungguh berbeda 100%. Disaat beliau sedaang mendengarkan curahan hati kami, beliau beliau seperti teman satu sebaya bagi kami. Namun, saat beliau sedang mengajar dikelas, beliau seperti seorang ibu yang sedang memberikan nasihat kepada anak-anaknya. Entah kenapa, tidak ada sedikit pun rasa kebencian saya terhadap beliau. Yang ada malah rasa kekaguman seorang murid kepada gurunya yang setiap hari semakin bertambah. Saya pun selalu memiliki kesan-kesan yang baik kepada beliau. Tidak jarang pula, saya menceritakan kegalauan saya, saat saya hendak masuk ke Sekolah Menengah Atas (SMA) yang ingin saya masuki. Tetapi, lagi-lagi beliau pun hanya tersenyum sambil mendegarkan curhatan saya. Lalu beliau pun langsung memberikan nasihat serta kata-kata penyemangat lainnya. Dan saat menjelang kelulusan, saya dan teman-teman saya pun sempat meneteskan air mata. Karena saya sangat tidak ingin berpisah dengan beliau. Seakan-akan, kami tidak akan pernah bisa lagi bertamu dengan belau lagi. Namun kami ternyata salah, dengan berpisahnya kami dengan beliau. Mungkin saja kami pun akan menemukan sosok guru yang lebih wow, lebih dahsyat, lebih baik, lebih menyenangkan, daan lebih mengasyikan pula dari beliau. Namun, saat kelulusan tiba pun, hanya sebuah senyuman dan ucapan selamat pun yang dapat beliau berikan untuk kami semua. Hanya sebuah senyuman dan hanya ucapan terima kasih pula yang dapat saya berikan kepada beliau. Pokoknya, beliau merupakan sosok guru idaman serta malaikat saya selama di SMP dan selama 3 tahun ini saya diajarkan oleh beliau. Namun, bagi saya dan bagi teman-teman saya, beliau merupakan sosok ibu, guru, mentor, sahabat, penasihat, malaikat, harapan serta inspirasi terbesar saya kemarin, hari ini, dan selamanya yang tidak akan pernah bisa tergantikan oleh siapapun juga J


ini nih yang namanya Bu Afri. cantik kan? hehe.... :)
        

Tidak ada komentar:

Posting Komentar