Rabu, 23 Januari 2013

Metode pembelajaran Guru paling Diinginkan


Metode belajar yang efektif menurut saya adalah “Metode Based Learning” atau “Based Learning Metod”. Metode ini mengajarkan untuk para guru, agar memberikan metode belajar yang efisien kepada murid. Maksud dari metode ini yaitu, guru memberikan cara pengajaran yang dengan cara yang agak modern. Artinya, guru tidak sepenuhnya memberikan materi yang disertai dengan keseriusan tingkat tinggi. Cara belajar metode ini seperti diskusi. Artinya, dalam satu kelas, murid dibagi menjadi beberapa kelompok. Dan didalam sebuah kelompok ini, murid akan diberikan sebuah masalah-masalah yang akan mereka pecahkan bersama-sama. Metode ini pun dapat dilakukan di luar kelas maupun di dalam kelas. Jika guru memberikan metode yang membosankan, secara otomatis, Murid pun dengan tidak langsung akan menunjukan rasa ketidaksukaan terhadap pelajaran tersebut. Namun, masih banyak pula guru yang tidak menerapkan metode Based Learning ini. Sebenarnya, jika guru menyadari, metode ini sangat efektif dalam kegiatan belajar siswa. Siswa pun akan cenderung memahami materi yang disampaikan oleh guru. Karena, kemampuan belajar manusia itu terbagi 2, yaitu dengan cara audio dan visual. Karena, dalam metode based learning ini, mereka biasa dihadapkan pada persoalan-persoalan yang mereka anggap sulit. Metode belajar ini juga sebenarnya dapat mereka jumpai dalam kehidupan sehari-hari mereka. Secara otomatis, materi yang telah guru sampaikan akan langsung mereka ingat di dalam memori otak mereka.
Biasanya, dalam metode pembelajaran dengan cara kuno atau dengan cara yang masih tradisional, cara belajar tersebut pun akan langsung terpusatkan ke guru. Sedangkan murid hanya sebagai objek pembelajaran yang akan menerima semua materi dari guru. Hal itulah yang membuat para murid merasa sangat jenuh dengan metode yang membosankan tersebut. Metode ini pun mengajarkan para muridnya untuk menemukan jawaban pada masalah yang dihadapinya. Metode ini akan mendidik para murid untuk melakukan penelitian, kerjasama, pelajaran yang individual, dan pengajaran yang aktif di dalam maupun di dalam kelas. Pada umumnya, aktivitas keseharian belajar di kelas adalah untuk menghapal semua materi yang telah guru berikan, mendapatkan tugas dari guru, mengerjakan soal-soal ulangan, dan mendapatkan sanksi atau hukuman dari guru apabila para murid tidak mengerjakan tugas atau PR (Pekerjaan Rumah) dari guru.
Namun, apakah para guru pun tidak menyadarinya? Bahwa, jika metode pembelajaran yang membosankan ini akan terus berlanjut, maka hal ini pun secara tidak langsung akan berdampak buruk bagi mutu pendidikan masa kini. Dan siswa pun akan merasa, apa yang mereka kerjakan memang benar-benar bukan dari keinginan mereka sendiri. Dan, mengapa harus metode based learning? Karena metode inilah yang paling cocok menurut saya untuk dijadikan sebagai metode pembelajaran masa kini. Karena didalam metode ini, metode ini memfokuskan pada pemberdayaan potensi otak siswa. Yang akan cenderung membuat para siswa pun bersifat aktif bukan pasif di kelas. Peran guru dalam keberhasilannya suatu metode based learning ini pun sangat penting. Karena, gurulah yang dapat membantu siswanya agar mereka pun merasa nyaman ketika mendapatkan materi pelajaran.
Materi ini pun sebenarnya dapat guru berikan melalui games, teka-teki, atau melakukan kegiatan-kegiatan lainnya yang dapat menjalankan pola pikir mereka. Guru pun harus senantiasa membuat para muridnya merasa senyaman mungkin ketika di dalam kelas. Karena, rasa nyaman lah salah satunya kunci keberhasilan dan terlaksanya metode based learning ini. Semoga, para guru pun dengan sigap dapat merubah metode pembelajaran yang sangat membosankan menjadi akan sangat menyenangkan J

Tidak ada komentar:

Posting Komentar